DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini didesain untuk mendiskusikan deskripsi, analisis dan sintesis dari faktor-faktor lingkungan yang mempengaruhi kinerja organisasi bisnis. Faktor-faktor tersebut dibahas dalam rerangka strategik untuk memfasilitasi respon organisasi terhadap kompleksitas dan dinamika lingkungan.

Keterkaitan antara faktor-faktor lingkungan, kekuatan industri dan bisnis menjadi sorotan utama agar mahasiswa memiliki perspektif yang lebih lebar dan visi masa depan yang lebih tajam. Mahasiswa dilatih untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor kunci lingkungan, mengantisipasi tren dan arah lingkungan tersebut, memahami keterkaitan yang kompleks dan dinamis antar lingkungan, serta mengantisipasi peluang dan tantangan bisnis sebagai dampak dari perubahan lingkungan.

Mata kuliah ini akan mengeksplorasi 9 lingkungan yaitu ekonomi, hukum bisnis Indonesia, hukum bisnis Internasional, demografi, sosial budaya, politik (nasional dan internasional), teknologi, natural dan pemerintahan. Karena mata kuliah ini bersifat multidisipliner, maka mahasiswa dan dosen diharapkan memiliki orientasi visioner dan berwawasan luas dan terbuka. Setiap topik didiskusikan dalam perspektif visioner seorang CEO (Chief Executive Officer).

TUJUAN PEMBELAJARAN

Setelah menyelesaikan mata kuliah General Business Environment, mahasiswa diharapkan mampu:

  1. Mendeskripsikan dan menjelaskan konsep-konsep dasar tentang interaksi antara bisnis dengan lingkungannya.
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor penting lingkungan yang berinteraksi dengan organisasi bisnis, menganalisis pola dan tren dari faktor-faktor beserta interaksinya, mentranslasikan pola dan tren tersebut sebagai suatu kesempatan dan tantangan bagi organisasi.
  3. Menganalisis bagaimana faktor-faktor lingkungan mempengaruhi keputusan bisnis dan memahami berbagai implikasi bisnis sebagai dampak dari perubahan lingkungan.
  4. Mengembangkan dan memformulasikan strategi bisnis yang lebih baik.
  5. Menyiapkan mahasiswa agar memiliki perspektif yang lebih lebar, lebih visioner dan lebih sadar terhadap lingkungan sehingga memiliki kebijakan dan putusan manajerial yang lebih baik

Untitled6.pngUntitled6.png