SALAM PEMBUKA
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Tabik Pun
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.Selamat datang di Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) IIB Darmajaya . Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana pada rumpun Ilmu Informatika dan Komputer, terutama terkait dengan bidang studi:Ilmu Komputer / Sistem Informasi
Mata kuiah Interaksi Manusia dan Komputer ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah : SIF19208
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Deskripsi Mata Kuliah
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Indera
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang harus ditempuh pada fakultas ilmu komputer baik jurusan Teknik Informatika, Sistem informasi dan Teknik Komputer. Mata kuliah Interaksi manusia dan komputer membekali Mahasiswa tentang dasar Interaksi manusia-komputer serta seluk beluk Interaksi manusia-komputer serta informasi dan piranti–piranti pendukungnya
Dalam materi IMK, akan dibahas beberapa hal yang terkait didalamnya, antara lain :
1.Pendahuluan Interaksi Manusia – Komputer
2.Faktor Manusia
3.Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi
4.Peranti Masukan
5.Perancangan Tampilan
6.Peranti Keluran
7.Peranti Interaksi
8.Lingkungan Fisik dan Aspek Ergonomi
9.Komponen Antar Muka Grafis
10.Manipulasi Langsung
11.Sistem Menu, Dialog Berbasis Teks dan Pengisian BorangCapaian Pembelajaran yang diharapkan dalam MK Daring Interaksi Manusia & Komputer dalam SPADA (Sistem Pembelajaran Daring Indonesia) ini adalah :
Mahasiswa dapat Menjelaskan definisi konsep dasar antar muka Manusia - Komputer
Mahasiswa dapat mengetahui manfaat serta kegunaan faktor manusia dan menerapkanya sesuai dengan kebutuhan
Mahasiswa diharapkan dapat memahami Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi
Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan berbagai ragam dialog sesuai dengan kebutuhan pada dialog berdasarkan bagiannya.
Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan serta menguraikan kebergunaan Interaksi
Merancang Tampilan dan menggunakannya pada antar Muka manuisa dan KomputerDapat memahami Kerangka kerja dan Paradigma Interaksi
Dapat menggunakan Piranti Interaksi pada antarmuka manusia dan komputer
Dapat Mengerti Aspek Ergonomik yang akan digunakan pada Antarmuka manusia dan komputer
Mahasiswa dapat Memahami pembuatan komponen antarmuka grafis yang ada
Mahasiswa dapat memahami konsep Manipulasi Langsung dalam interaksi antara manusia dengan sistem komputer
Mahasiswa dapat memahami pembuatan Sistem menu serta dialog berbasis teks dan pengisian borang pada interaksi yang adaStruktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah IMK ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dan pengerjaan Kuis yang telah tersedia
- Setiap tiga pokok bahasan selesai, peserta didik akan diberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
- Setelah peserta didik menguasai 8 (delapan) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
- Pada saat seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari oleh peserta didik, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS secara terpusat di PLPP
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini
MODEL ASESMEN
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.
BOBOT PENILAIAN
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
• Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa
• Tugas berbasis Kasus Studi (30%)
• Latihan Soal per Pokok Bahasan
• Presensi Mahasiwa 10%
• Ujian Tengah Semester (30%)
• Ujian Akhir Semester (30%)Dosen Pengampu Mata Kuliah
Nama : Indera, S. Kom., M. TI
NIP : 00371101
Jenjang Akademik : Lektor
NIDN : 0201108002
Agama : Islam
Kantor : Jurusan Sistem Informasi (Gedung Rektorat ) Lantai 2
JL. ZA Pagar Alam No 93 Bandar Lampung
Rumah : Bukit Kemiling Permai (BKP)
Email : indera@darmajaya.ac.idMatakuliah Yang diampu :
1. Interaksi Manusia dan Komputer
2. Pengembangan Bisnis
3. Perangkat Lunak PerkantoranDetail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
Terima Kasih, Wabillahi taufiq wal hidayah Wassalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.Indera, S.Kom., M.T.INama : Indera,S.Kom.,M.T.I
NIK : 00371101
Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
NIDN : 0201108002
TTL : Oktober 1980
Agama : Islam
Kantor : Jl.Zainal Abidin Pagar Alam No.93 Labuhan Ratu Bandar Lampung.35142
Rumah : Perum BKP Blok S.126
HP : 081271952125
Email : indera@darmajaya.ac.id
Terima Kasih
InderaBahan ajar ini menjelaskan tentang konsep Interaksi Manusia dan Komputer. Mata kuliah ini
merupakan salah satu dari beberapa mata kuliah wajib pada Program Studi Sistem Informasi
. Cakupan bahan ajar ini antara lain konsep dasar interaksi manusia dan komputer,
faktor perangkat lunak, perangkat keras dan faktor pengguna komputer, bentuk interaksi dialog,
proses desain, teknik prototyping, metoda dan tool untuk proses interaksi, dokumentasi
software, teknik evaluasi, website, CSCW dan groupware, visualisasi informasi, audio dan
agent.Video ini berisi tentang pentingnya mengetahui serta mempelajari Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Berikut Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Interaksi Manusia dan Komputer
Silakan anda download RPS tersebut sebagai panduan bagi anda dalam melaksanakan kegiatan
perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan
Pertemuan Minggu ke : 1 Tanggal 23 Maret 2020 Jam 14.40 - 16.10
Pada sesi ini saya akan jelaskan mengenai beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.
- Sistem penilaian pada mata kuliah ini mengikuti aturan standar yang telah ditetapkan di dalam sistem akademik Darmajaya yang terdiri dari Tugas, UTS, UAS, dan Kehadiran.
- Perhatikan baik-baik kehadiran anda karena jika kehadiran kurang dari batas minimum yang ditetapkan sistem maka nilai ujian anda secara otomatis ditolak oleh sistem.
- Jika sakit atau berhalangan hadir maka mahasiswa wajib menginformasikannya ke dosen pengampu dengan menyertakan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
- Kehadiran anda menjadi perhatian dan pertimbangan pada saat penentuan nilai akhir.
- Dalam matakuliah ini, tugas bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman mencoba menyelesaikan permasalahan yang ditugaskan. Harapannya hal tersebut menjadi bahan evaluasi diri agar mahasiswa mengetahui bahwa dirinya telah menguasai atau belum materi yang telah disampaikan. Jika belum paham, diharapkan mahasiswa dapat menanyakan dan membahasnya dengan Dosen pengampu matakuliah. Dengan demikian nilai tugas hanya ada dua kemungkinan yaitu 100 bagi yang mengerjakan dan 0 bagi yang tidak mengerjakannya. Perhatikan baik-baik kelengkapan tugas anda, karena jika anda tidak mengerjakan 1 tugas berarti anda kehilangan 100 point. Hal itu tentu saja sangat berpengaruh saat penentuan nilai akhir.
- Tidak ada tugas susulan atau tugas tambahan setelah nilai akhir dikeluarkan. Oleh karenanya pastikan kelengkapannya agar tidak jadi penyesalan anda diakhir semester nanti.
- Toleransi keterlambatan normal untuk pembelajaran di kelas adalah 15 menit. Dalam kondisi force major keterlambatan di atas 15 menit diperbolehkan, sebaliknya jika keterlambatan dilakukan secara sengaja maka tidak ada toleransi keterlambatan bagi yang bersangkutan.
Assalamualaikum wr.wb
selamat malam dan salam sejahtera untuk kita semua
Tabik Pun
selamat pagi adik2 semoga sehat sehat saja tehindar dari yg namanya virus corona
pertemuan pertama kita gunakan diskusi forum ya adik2
wsalamualaikum wr.wbPELAJARI DAN CERMATI VIDIO BERIKUT KEMUDIAN SIMPULKAN KIRIM KE LMS
- Pengajar: suwandi wandi