• SALAM PEMBUKA


      Assalamu'alaikum Wr. Wb

      Tabik Pun

      Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
      Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.

      Selamat datang di Mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) IIB Darmajaya . Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana pada rumpun Ilmu Informatika dan Komputer, terutama terkait dengan bidang studi:Ilmu Komputer /  Sistem Informasi

      Mata kuiah Interaksi Manusia dan Komputer ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah : SIF19208

      Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
      Salam hangat dan tetap semangat !!

      Wassalamu'alaikum Wr. Wb
      Indera

      Deskripsi Mata Kuliah

      Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang harus ditempuh pada  fakultas ilmu komputer baik jurusan Teknik Informatika, Sistem informasi dan Teknik Komputer. Mata kuliah Interaksi manusia dan komputer membekali Mahasiswa  tentang dasar Interaksi manusia-komputer serta seluk beluk Interaksi manusia-komputer serta informasi dan piranti–piranti pendukungnya

      Dalam materi IMK, akan dibahas beberapa hal yang terkait didalamnya, antara lain :
      1.Pendahuluan Interaksi Manusia – Komputer
      2.Faktor Manusia
      3.Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi
      4.Peranti Masukan
      5.Perancangan Tampilan
      6.Peranti Keluran
      7.Peranti Interaksi
      8.Lingkungan Fisik dan Aspek Ergonomi
      9.Komponen Antar Muka Grafis
      10.Manipulasi Langsung
      11.Sistem Menu, Dialog Berbasis Teks dan Pengisian Borang
      INDIKATOR IMK

      CAPAIAN PEMBELAJARAN

       Capaian Pembelajaran yang diharapkan dalam MK Daring  Interaksi Manusia & Komputer dalam     SPADA (Sistem Pembelajaran Daring Indonesia)  ini   adalah :

      Mahasiswa dapat Menjelaskan definisi konsep dasar antar muka Manusia - Komputer
      Mahasiswa dapat mengetahui manfaat serta kegunaan faktor manusia dan menerapkanya sesuai dengan kebutuhan
      Mahasiswa diharapkan dapat memahami Kerangka Kerja dan Paradigma Interaksi
      Mahasiswa diharapkan dapat menggunakan berbagai ragam dialog sesuai dengan kebutuhan pada dialog berdasarkan bagiannya.
      Mahasiswa diharapkan dapat memahami dan menjelaskan serta menguraikan kebergunaan Interaksi
      Merancang Tampilan dan menggunakannya pada antar Muka manuisa dan KomputerDapat memahami Kerangka kerja dan Paradigma Interaksi
      Dapat menggunakan Piranti Interaksi pada antarmuka manusia dan komputer
      Dapat Mengerti Aspek Ergonomik yang akan digunakan pada Antarmuka manusia dan komputer
      Mahasiswa dapat Memahami pembuatan komponen antarmuka grafis yang ada
      Mahasiswa dapat memahami konsep Manipulasi Langsung dalam interaksi antara manusia dengan sistem komputer
      Mahasiswa dapat memahami pembuatan Sistem menu serta dialog berbasis teks dan pengisian borang pada interaksi  yang ada

      STRIKTUR PELAKSANAAN

      Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah IMK ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:

       

      1. Peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dan pengerjaan Kuis yang telah tersedia
      2. Setiap tiga pokok bahasan selesai, peserta didik akan diberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
      3. Setelah peserta didik menguasai 8 (delapan) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
      4. Pada saat seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari oleh peserta didik, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS secara terpusat di PLPP
      5. Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini

      Referensi IMK

      MODEL ASESMEN

       

      Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:

      - Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.

      - Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.

      Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.

      BOBOT PENILAIAN

       Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan       menggunakan pendekatan sebagai berikut:

      • Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa 
      • Tugas berbasis Kasus Studi (30%)
      • Latihan Soal per Pokok Bahasan 
      Presensi Mahasiwa 10%
      • Ujian Tengah Semester (30%)
      • Ujian Akhir Semester (30%)

      BOBOT NILAI IMK

      Dosen Pengampu Mata Kuliah

      Nama                         : Indera, S. Kom., M. TI
      NIP                            : 00371101
      Jenjang Akademik     : Lektor
      NIDN                         : 0201108002
      Agama                      : Islam
      Kantor                      : Jurusan Sistem Informasi (Gedung Rektorat ) Lantai 2
                                       JL. ZA Pagar Alam No 93 Bandar Lampung
      Rumah                   : Bukit Kemiling Permai (BKP)
      Email                     : indera@darmajaya.ac.id

       Matakuliah Yang diampu :

      1.   Interaksi Manusia dan Komputer
      2.   Pengembangan Bisnis
      3.   Perangkat Lunak Perkantoran

      Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup

      Terima Kasih, Wabillahi taufiq wal hidayah Wassalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
      Indera, S.Kom., M.T.I

      Nama    :  Indera,S.Kom.,M.T.I

      NIK        :  00371101
      NIDN     :  0201108002
      TTL         :  Oktober 1980
      Agama  :   Islam
      Kantor  :   Jl.Zainal Abidin Pagar Alam No.93 Labuhan Ratu Bandar Lampung.35142
      Rumah  :  Perum BKP Blok S.126 
      HP          :  081271952125
      Email     :    indera@darmajaya.ac.id 

      Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup

      Terima Kasih 
      Indera

      Students can manually mark this item complete: SALAM PEMBUKAAssalamu'alaikum Wr. WbTabik Pun

S...
    • Students can manually mark this item complete: Buku Ajar / E-BOOK IMK

      Bahan ajar ini menjelaskan  tentang  konsep  Interaksi  Manusia dan Komputer. Mata kuliah ini
      merupakan salah satu dari beberapa mata kuliah wajib pada Program Studi Sistem Informasi
      . Cakupan bahan ajar ini antara lain konsep dasar interaksi manusia  dan  komputer,
      faktor perangkat lunak, perangkat keras dan faktor pengguna komputer, bentuk interaksi dialog,
      proses desain, teknik prototyping, metoda  dan  tool  untuk  proses interaksi,  dokumentasi
      software, teknik evaluasi,  website,  CSCW  dan  groupware,  visualisasi  informasi,  audio  dan
      agent.

    • Students can manually mark this item complete:  PENTINGNYA MEMPELAJARI INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

      Video ini berisi tentang pentingnya mengetahui serta mempelajari Matakuliah Interaksi Manusia dan Komputer

    • Students can manually mark this item complete: Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Interaksi Manusia & Komputer

      Berikut Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Interaksi Manusia dan Komputer

      Silakan anda download RPS tersebut sebagai panduan bagi anda dalam melaksanakan kegiatan
      perkuliahan selama satu semester untuk mencapai capaian pembelajaran yang telah ditetapkan

  • Pertemuan Minggu ke : 1 Tanggal 23 Maret 2020 Jam 14.40 - 16.10

    • Students can manually mark this item complete: Kontra Perkuliahan

      Pada sesi ini saya akan jelaskan mengenai beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

      • Sistem penilaian pada mata kuliah ini mengikuti aturan standar yang telah ditetapkan di dalam sistem akademik Darmajaya yang terdiri dari Tugas, UTS, UAS, dan Kehadiran.
      • Perhatikan baik-baik kehadiran anda karena jika kehadiran kurang dari batas minimum yang ditetapkan sistem maka nilai ujian anda secara otomatis ditolak oleh sistem.
      • Jika sakit atau berhalangan hadir maka mahasiswa wajib menginformasikannya ke dosen pengampu dengan menyertakan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan.
      • Kehadiran anda menjadi perhatian dan pertimbangan pada saat penentuan nilai akhir.
      • Dalam matakuliah ini, tugas bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman mencoba menyelesaikan permasalahan yang ditugaskan.  Harapannya hal tersebut menjadi bahan evaluasi diri agar mahasiswa mengetahui bahwa dirinya telah menguasai atau belum materi yang telah disampaikan.  Jika belum paham, diharapkan mahasiswa dapat menanyakan dan membahasnya dengan Dosen pengampu matakuliah.  Dengan demikian nilai tugas hanya ada dua kemungkinan yaitu 100 bagi yang mengerjakan dan 0 bagi yang tidak mengerjakannya.  Perhatikan baik-baik kelengkapan tugas anda, karena jika anda tidak mengerjakan 1 tugas berarti anda kehilangan 100 point.  Hal itu tentu saja sangat berpengaruh saat penentuan nilai akhir.
      • Tidak ada tugas susulan atau tugas tambahan setelah nilai akhir dikeluarkan.  Oleh karenanya pastikan kelengkapannya agar tidak jadi penyesalan anda diakhir semester nanti.
      • Toleransi keterlambatan normal untuk pembelajaran di kelas adalah 15 menit.  Dalam kondisi force major keterlambatan di atas 15 menit diperbolehkan, sebaliknya jika keterlambatan dilakukan secara sengaja maka tidak ada toleransi keterlambatan bagi yang bersangkutan.

    • Assalamualaikum wr.wb
      selamat malam dan  salam sejahtera untuk kita semua


      Tabik Pun
      selamat pagi adik2 semoga sehat sehat saja tehindar dari yg namanya virus corona
      pertemuan pertama kita gunakan diskusi forum ya adik2 


      wsalamualaikum wr.wb


      Students can manually mark this item complete: Assalamualaikum wr.wbselamat malam dan  salam...
    • Students can manually mark this item complete: SIMAK VIDIO BERIKUT

      PELAJARI DAN CERMATI VIDIO BERIKUT KEMUDIAN SIMPULKAN KIRIM KE LMS

      http://