Assalamu'alaikum Wr. Wb.


Salam sejahtera untuk kita semua.

Tabiik pun..


Rekan-rekan Mahasiwa yang berbahagia dimanapun anda berada, saya doakan semoga anda dalam keadaan sehat dan selalu dalam perlindungan Allah SWT.

Selamat datang di Mata Kuliah Komunikasi Bisnis Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) Jurusan Bisnis Digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik  yang sedang mengambil mata program Strata 1 Sarjana.

Mata kuliah Kewirausahaan ini memiliki beban SKS sebanyak 4 SKS, dengan kode Mata kuliah MAN20415


Selamat mengikuti perkuliah dengan baik...

Tetap semangat...semoga ilmu yang didapatkan bermanfaat.


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Sabiqul Iman, S.AB, M.Si

Hp/ Whatsapp. 08154077210

sabiqstrategic@gmail.com


Silakan kepada Mahasiswa yang mengambil Mata kuliah Komunikasi Bisnis dengan Kode Mata kuliah MAN20415 pada kelas 5MA-P14 menyimpan nomor saya dan kepada Ketua Kelas/Angkatan diharapkan membuat grup komunikasi (Whatsapp). Silakan masukkan saya ke dalam grup tersebut. Terimakasih



———

Deskripsi Mata kuliah 


Mata kuliah Komunikasi Bisnis ini memberikan pemahaman mengenai konsep dasar komunikasi bisnis, komunikasi antar pribadi, komunikasi dalam organisasi, komunikasi bisnis lintas budaya, pengorganisasian pesan-pesan bisnis, , komunikasi tatap muka (interppersonal komunikasi), komunikasi massa dalam komunikasi bisnis, teknik lobi dan negosiasi, komunikasi bisnis berbasis teknologi informasi.



Struktur Pelaksanaan


Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Komunikasi Bisnis ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan atau 16 kali pertemuan. 


Model Assessment


Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:


- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu:

(a) menggunakan referensi yang tersedia; 

(b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; 

(c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; 

(d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; 

(e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan 

(f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.


- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: 

(a) Keaktifan dalam mengikuti forum diskusi

(b) Keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; 

(c) Kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; 

(d) Kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; 

(e) Partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan 

(f) Hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.



Bobot Penilaian

 Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:



Tugas Mandiri  / Kuis               = 30%

Ujian Tengah Semester          = 30%

Ujian Akhir Semester              = 30%

Presensi Kehadiran                 = 10%

Total                                         = 100%