DISKRIPSI MT KULIAH
Assalamu'alaikum Wr. Wb
Tabik Pun
Selamat datang Rekan Rekan Mahasiswa yang saya banggakan.
Dimanapun berada..., semoga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan dalam Lindungan Allah SWT.Selamat datang di Mata kuliah Pengembangan Bisnis Daring SPADA (Sistem Pembelajaran Daring) IIB Darmajaya . Mata kuliah ini ditujukan bagi peserta didik yang sedang mengambil program S1 Sarjana pada rumpun Ilmu Informatika dan Komputer dan Ekonomi dan Bisnis, terutama terkait dengan bidang studi:Ilmu Komputer / Sistem Informasi dan Ekonomi dan Bisnis
Mata kuiah Pengembangan Bisnis ini memiliki beban SKS sebesar 2 SKS, dengan kode Matakuliah : IBI192017
Selamat mengikuti perkuliahan ini dengan baik,
Salam hangat dan tetap semangat !!
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
InderaMODEL ASESMEN
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka.
- Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.
Model Asesmen dalam perkuliahan ini, dapat dilihat seperti dibawah ini.
BOBOT PENILAIAN
Peserta didik akan dievaluasi penguasaannya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut:
• Diskusi Intensif bersama Dosen/Mahasiswa
• Tugas berbasis Kasus Studi (30%)
• Latihan Soal per Pokok Bahasan
• Presensi Mahasiwa 10%
• Ujian Tengah Semester (30%)
• Ujian Akhir Semester (30%)Dosen Pengampu Mata Kuliah
Nama : Indera, S. Kom., M. TI
NIP : 00371101
Jenjang Akademik : Lektor
NIDN : 0201108002
Agama : Islam
Kantor : Jurusan Sistem Informasi (Gedung Rektorat ) Lantai 2
JL. ZA Pagar Alam No 93 Bandar Lampung
Rumah : Bukit Kemiling Permai (BKP)
Email : indera@darmajaya.ac.idMatakuliah Yang diampu :
1. Interaksi Manusia dan Komputer
2. Pengembangan Bisnis
3. Perangkat Lunak PerkantoranDetail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
Terima Kasih, Wabillahi taufiq wal hidayah Wassalaamu'alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.Indera, S.Kom., M.T.INama : Indera,S.Kom.,M.T.I
NIK : 00371101
Detail Informasi lengkap, silahkan untuk melihat data riwayat hidup selengkapnya pada file data riwayat hidup
NIDN : 0201108002
TTL : Oktober 1980
Agama : Islam
Kantor : Jl.Zainal Abidin Pagar Alam No.93 Labuhan Ratu Bandar Lampung.35142
Rumah : Perum BKP Blok S.126
HP : 081271952125
Email : indera@darmajaya.ac.id
Terima Kasih
Indera
STRUKTUR PELAKSANAAN
Struktur Pelaksanaan Perkuliahan matakuliah Pengantar Akuntansi ini, diharapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu antara 4-6 bulan. Adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut:
- Peserta didik diwajibkan membaca setiap materidan konten yang diberikan per pokok bahasan, yang diikuti dengan secara aktif berpartisipasi dalam diskusi dan pengerjaan kuis yang telah tersedia
- Setiap tiga pokok bahasan selesai, peserta didik akan diberikan tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu bulan (30 hari kerja)
- Setelah peserta didik menguasai 6 (enam) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS
- Pada saat seluruh pokok bahasan telah dipahami dan dipelajari oleh peserta didik, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS
- Semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini
MODEL ASSESMEN
Dalam mengikuti perkuliahan ini, para mahasiswa harus mengadopsi paradigma dan mekanisme pembelajaran dengan prinsip-prinsip utama sebagai berikut:
- Mahasiswa diharapkan untuk aktif melakukan proses pembelajaran mandiri melalui beraneka ragam cara yang tersedia dan memungkinkan, yaitu: (a) menggunakan referensi yang tersedia; (b) memanfaatkan berbagai sumber yang dapat diakses via internet; (c) melakukan komunikasi intensif antar sesama mahasiswa; (d) mengerjakan seluruh latihan dan tugas-tugas yang diberikan; (e) menghadiri sesi temu virtual dengan dosen pengampu mata kuliah; dan (f) mengikuti ujian terjadwal yang telah ditetapkan. Paradigma pembelajaran e-learning adalah aktif dan mandiri, dimana keberhasilan mahasiswa akan ditentukan oleh intensitas pembelajaran yang dilakukannya sendiri, bukan bergantung pada pihak lain sebagaimana model perkuliahan konvensional berbasis tatap muka. - Mengingat bahwa capaian pembelajaran mahasiswa (standar kompetensi kelulusan) peserta program pendidikan jarak jauh harus sama dengan model pembelajaran berbasis tatap muka, maka model evaluasi atau penilaiannya akan jauh lebih ketat dan bersifat multi dimensi. Dalam penyelenggaraan matakuliah ini, dosen pengampu menilai mahasiswa dengan menggunakan berbagai instrumen dan indikator, seperti: (a) keaktifan dalam mengikuti forum diskusi; (b) keteraturan atau frekuensi dalam melakukan akses terhadap sumber daya pendidikan yang tersedia pada aplikasi learning management system yang dipakai; (c) kuantitas kehadiran dan kualitas interaksi dalam sesi komunikasi virtual dengan dosen, baik yang bersifat sinkronus maupun asinkronus; (d) kelengkapan pengumpulan tugas yang diberikan; (e) partisipasi aktif mengerjakan soal-soal latihan; dan (f) hasil ujian tengah semester/quis maupun ujian akhir semester. Keseluruhan kinerja mahasiswa melalui beragam model interaksi tersebut dijadikan sebagai bahan evaluasi dosen dalam memberikan penilaian akhir pencapaian mahasiswa dalam mata kuliah yang bersangkutan. Perlu diperhatikan bahwa bobot keseluruhan model interaksi dan evaluasi tersebut kurang lebih sama karena sifatnya yang holistik.Panduan menggunakan Piranti Komunikasi Sinkronus Vmeet
FileTutorial Penggunaan VMEET (Virtual Meeting) File
Mata kuliah ini menggunakan metode pembelajaran sinkronus dan asinkronus. Metode pembelajaran asinkronus menggunakan materi yang sudah diunggah pada modul LMS ini. Mahasiswa wajib membuka laman ini sesering mungkin seperti halnya menggunakan sosial media (FB, twitter, dll). Referensi utama sudah disiapkan pada laman ini, akan tetapi mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam sumber lain (buku, jurnal, sumber online) untuk menambah wawasan. Sedangkan metode pembelajaran sinkronus akan menggunakan aplikasi VMeet. Panduan menggunakan VMeet sudah kami sertakan pada laman ini. Aplikasi VMeet dapat digunakan oleh mahasiswa untuk langsung melakukan conference dengan dosen dan atau asisten.