Berita dan pengumuman

assalamualaaikum wrhmthhwbrkt..........

hallooooo, mahasiswa semua......

senang , bertemu lagi di mata kuliah Pengembangan Bisnis

perkenalkan nama saya Yusminar Wahyuningsih SE.MM, dosen PB kalian

mata kuliah PB, adalah mata kuliah lanjutan dari mata kuliah kwu dan tehnopre, jadi dalam mengikuti mata kuliah ini harapan saya mahasiswa sudah menggenal bagaimana memulai bisnis, rencana bisnis, dan hal hal yang terkait tentang bagaimana membuat laporan bisnis, konsep bisnis, maupun picthdesk.

kelas PB, dalam kondisi nornal( pandemi ) adalah kelas praktek, praktek yang di maksud di sini adalah mahasiswa melakukan transaksi bisnis, berjualan produk mengevaluasi dengan pemetaan kelemahan produk,  kelebihan produk . artinya dalam pelaksanaan berjualanya anda bisa mengefaluasi mengapa produk anda gagal atau berhasil.

karena adanya pandemi ini, kita melakukan semua kegiatan ini dengan onlien , dan wajib di akhir laporan adalah dalam bentuk presentasi video dan video iklan produk

dalam lms ini , saya akan memberikan teori teori yang terkait , kemudian akan di lanjutkan dengan diskusi dan pertanyaan tentang apa yang akan di lakukan dalam bisnis anda dalam grup wa, karena itu wajib bagi mahasiswa untuk masuk dalam grup kelas agar tidak tertinggal dengan perkembangan pembahasan materi atau tugas yang terkait.

berikut no wa saya dan silahkan siapa saja menjadi admin untuk kelas ini 08117232777

terimakasih banyak atas perhatianya, selanjutnya pengguman dan pemberitauan tentang kelas ini akan berlanjut di grup wa.

tetap jaga kesehatan yang utama ,tetap semangat menjalani semua aktifitas.......see uuu

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Pengembangan Bisnis merupakan suatu konsep pembelajaran yang terpadu yang dirancang khusus bagi mahassiwa untuk mempelajari konsep, strategi, taktik dan pengetahuan mengenai pengembangan bisnis, baik yang sudah ada maupun bagi mahasiswa yang baru akan memulai bisnis. Mata Kuliah ini mengajarkan bagaimana mahasiswa membangun model bisnis dan mengatasi kebutuhan pelanggan yang tidak terpenuhi secara menguntungkan dengan cara pembekalan konsep-konsep kewirausahaan, manajemen serta diperkuat dengan pembelajaran praktis di lapangan. Tujuan dari Mata Kuliah Pengembangan Bisnis adalah mahasiswa mampu merancang, membangun, dan mengembangkan bisnis yang menguntungkan

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran yang di harapkan dalam pencapaian MK Daring Pengembangan Bisnis dalam SPADA ( Sistem Pembelajaran Daring Indonesia ) ini adalah : setelah mengikuti mata kuliah ini mahasisiwa memiliki pola pikir seorang Entrepreneur yang mampu mendesain bisnis. merintisnya dan mengembangkanya dengan memanfaatkan peluang bisnis ide bisnis dan teknologi sesuai dengan masalah atau kebutuhan pasar untuk kemudian merancangnya menjadi Star-up atau bisnis rintisan. Adapun secara garis besar pencapaian pembelajaran dalam setiap pertemuan sebagai berikut : 

1. Mahasiswa mampu merumuskan ide bisnis sesuai dengan masalah atau kebutuhan pasar

2. Mahasiswa mampu merancang team building dalam starup bisnisnya

3. Mahasiswa mampu memahami dan melakukan validasi ide dari star-up bisnis yang di rancangnya

4. Mahasiswa mampu memahami dan mengeksekusi ide bisnisnya menjadi -prototipe produk sesuai yang di butuhkan pelllangan.

5. Mahasiswa mampu memahami dan melakukan validasi produk

6. Mahasiswa mampu membuat perencanaan dan membanggun Branding dari bisnis Star-up nya

7. Mahasiswa mampu membuat target produksi, penjualan, dan promosi dari bisnis star-up nya 

8. Mahasiswa mampu mendesain strategi launching produk

9. Mahasiswa mampu mendesain strategi mencapai target produksi

10. Mahasiswa mampu mendesain strategi mencapai target promosi

11. Mahasiswaa mampu mendesain strategi mencapai target penjualan

12. Mahasiswa mampu mendesain strategi membanggun kerjasama/pathnership

13. Mahasiswa mampu mendesain strategi pitching ke investor 

STRUKTUR PELAKSANAAN

Struktur pelaksanaan perkuliahan mata kuliah pengembangan bisnis, di harapkan seluruh peserta didik dapat menyelesaikan mata kuliah ini dalam kurun waktu 4-6 bulan. adapun struktur pelaksanannya adalah sebagai berikut :

peserta didik diwajibkan membaca setiap materi dan konten yang di berikan per pokok bahasan , yang di ikuti dengan secara aktif berpartisasi dalam diskusi dan pengerjaan kuis yang telah tersedia pokok bahasan selesai, peserta didik akan di berikan tugas yang harus di kumpulkan dalam waktu tidak lebih dari satu minggu ( 5 hari kerja ) setelah peserta didik menguasai 6 ( enam ) pokok bahasan, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UTS pada saat seluruh pokok bahasan telah di pahami dan di pelajari oleh peserta didik, maka yang bersangkutan dapat mengikuti UAS semua bentuk aktivitas selama perkuliahan harus terdata di LMS ini.

BOBOT PENILAIAN

Peserta didik akan di evaluasi penguasaanya dan pemahamannya terhadap materi kuliah dengan menggunakan pendekatan sebagai berikut :

UTS                                      =30%

UAS                                      =30%

TUGAS MANDIRI                 =30%

PRESENSI HADIR                 =10%


IDENTITAS DIRI


NAMA           = Yusminar wahyuningsih, SE.MM

NIK                = 1112001

NIDN            = 217067505

TTL                = CILACAP 17 JUNI 

AGAMA         = ISLAM

EMAIL            = yusminar.yuni@gmail.com

IG                   = yuniyusminar


PANDUAN MENGGUNAKAN PIRANTI KOMUNIKASI SINKRONUS VMEET ATAU ( VIdeo Zoom.US)

mata kuliah ini menggunakan metode pembelajaraan singkronus dan asinkronus. metode pembelajaran asinkronus menggunakan materi yang sudah di unggah pada ,odul LMS ini. mahasiswa wajib membuka laman ini sesering mungkin. referensi utama sudah di persiapkan pada laman ini , akan tetapi mahasiswa dapat menggunakan berbagai macam sumber lain( buku,jurnal, sumber lain )untuk menambah wawasan. sedangkan metode pembelajaran sinkronus akan menggunakan v meet atau video zoom sudah kami sertakan pada laman ini. aplikasi V meet dapat di gunakan mahasiswa untuk langsung melakukan confrence dengan dosen dan atau asisten .

BUKU AJAR

perkuliahan pengembangan bisnis ini menggunakan :

1. modul kewirausahaan untuk program strata 1 rumah perubahan-bank mandiri dengan penerbit hikmah

2. modul smart business map- SBM pro indonesia

3. buku value proposition design 

4. buku business model navigator