1.      Deskripsi Matakuliah

Mata kuliah ini focus pada proses manajemen stratejik, analisis situasi stratejik, perumusan strategi, implementasi dan pengendalian strategi, serta isu-isu stratejik lainnya.Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk untuk menghasilkan strategi yang tepat dalam mencapai tujuan. Ada tiga tahapan dalam manajemen strategis, yaitu perumusan strategi, pelaksanaan strategi, dan evaluasi strategi dalam bidang bisnis.

2.       Capaian Pembelajaran Program Studi (CPPS) – Program Learning Outcome (PLO)

a.  Mampu menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen pada berbagai tingkat dan jenjang secara mandiri

b. Mampu mengembangkan model baru atau strategi baru yang inovatif  dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen  yang lebih efektif dan efisien.

c.  Mampu memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin  melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan atau transdisiplin.

d. Mampu memberikan advokasi kepada masyarakat dalam bidang kebijakan, kepemimpinan, dan manajemen  yang inovatif dan unggul sesuai dengan kebutuhan dan konteks masyarakat.

e. Mampu menunjukan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya

 

3.       Capaian Pembelajaran Mata kuliah (CPM) – Course Learning Outcome (CLO)

Setelah mengikuti perkuliahan ini , diharapkan mahasiswa:

a.       Memiliki wawasan tentang teori dan konsep manajemen stratejik

b.       Memiliki sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang manajemen startejik pada berbagai tingkat dan jenjang secara mandiri

c.        Memiliki kemampuan dalam menganalisis dan mengembangkan model baru atau strategi baru dalam manajemen stratejik.

d.       Memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan dalam mengelola dan memimpin penyelenggaraan pendidikan melalui penerapan manajemen stratejik.

e. Memiliki kemampuan dalam mengembangkan model-model manajemen stratejik dalam pengelolaan dan pengembangan manajemen

 

4.      Deskripsi Rencana Pembelajaran

Mata Kuliah Manajemen stratejik berbicara tentang gambaran besar yang merupakan Inti dari manajemen stratejik adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya, dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis. Manajemen strategis di saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam organisasi. Ini adalah proses yang berkesinambungan dan terus-menerus. Rencana strategis organisasi merupakan dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali dikunjungi. Bahkan mungkin sampai perlu dianggap sebagaimana suatu cairan karena sifatnya yang terus harus dimodifikasi. Seiring dengan adanya informasi baru telah tersedia, dia harus digunakan untuk membuat penyesuaian dan revisi. Pembelajaran dilakuan melalui proses diskusi dan aktivitas individual dalam bentuk penelusuran dan pengembangan teori serta praktik lapangan dalam bentuk analisis terhadap permasalahn mikro dan makro.

5. Referensi

  • Davis R Fred, 2013, “ Strategic Management: Concept and Cases”, Elevent Edition
  • Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Penerbit Erlangga. Jakarta.
  • Buku-buku Manajemen Strategi dari berbagai macam penerbit