Assalmualikum wr wb,

Salam Sejahtera untuk kita semua

Tabik Puun...

Semoga kalian disana baik-baik saja

Mata kuliah Riset  Keuangan ini merupakan mata kuliah wajib bagi mahaiswa yang mengambil konsentrasi keuangan. Dimana Mata kuliah ini nantinya akan dipakai dan mebantu mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi dan Tugas Akhir sesuai dengan bidang keuangan , perbankan, dan ekonomi. 

Seminar Keuangan yang merupakan bagian dari proses wajib mahasiswa dalam menyelesaikan studi di strata 1 (sarjana) dengan bobot 4 sks , yang terdiri dari 2 sks teori dan 2 sks praktikum.

Dalam hal ini, saya selaku dosen pengampu akan membimbing anda sekalian dalam merikan pembelajaran dengan tujuan pendalaman teori dan konsep-konsep manajemen keuangan yang dapat dipraktekkan dalam bidang manajemen. pemahaman terhadap berbagai teori dan konsep-konsep keuangan dipelajari secara holistik dan terintegrasi yang berkenaan dengan keuangan sebagai ilmu dan dapat dipraktekkan secara praktis. Untuk lebih mendalami proses pembelajaran akan dikaji berbagai studi empirik dan tugas-tugas analisis perusahaan untuk menganalisa bagaimana fenomena bisnis yang berkenaan dengan manajemen keuangan.Disamping itu melalui prosen pembelajaran seminar manajemen keuangnan mahasiswa dapat memperoleh ketrampilan penguatan (analitical thinking) melalui seminar, presentasi dan diskusi kelompok untuk memahami berbagai kebijakan dan norma-norma dalam manajemen keuangan secara holistik dan terintegrasi.Metode pembelajaran dilakukan secara interktif  dua arah , dan setiap mahasiswa melakukan presentasi tugas-tugas yang diberikan untuk suatu kajian materi tertentu.Setiap materi yang diberikan akan dilakukan dengan proses diskusi tanya jawab baik antara dosen dengan mahasiswa maupun antara mahasiswa dengan mahasiwa.

Selain itu juga mata kuliah ini akan saya bimbing bagaimana mengolah data keuangan dengan beberapa pe dekatan/metode baik metode keuangan, matematika, maupun statistik. Untuk itulah dalam seminar keuangan nanti beberapa kali pertemuan kita akan melakukan praktek dengan menggunakan perangkat software SPSS, dan Eviews  dan memungkinkan kita akan masuk dalam ruang praktikum. 

Semoga dengan mata kuliah ini, saya berharap anda semua dapat memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, dengan harapan bisa menambah skills dan wawasan anda. Sehingga pada akhirnya nanti, disaat anda menyusun Tugas akhir/skripsi, anda sudah memiliki kemampuan dalam melakukan penelitian di bidang manajemen keuangan .

Akhir kata saya ucapkan terima kasih 

Greetings


Wassalamualikum, wr wb 

Dr. Faurani Santi Singagerda, SE, M.Sc